Perjalanan

Hidup ini adalah sebuah perjalanan.  Semua bergerak tidak terkecuali.  Perjalanan memang menandai proses. Proses hidup itu sendiri.  Dirasakan terutama pada masa jeda sekolah.  Liburan sekolah yang terisi dengan baik akan memberikan kesegaran baru setelah itu.

Dalam dunia akademik, ada perjalanan di mana-mana.  Ada kebutuhan. Ada masa studi di luar rumah, keluar kandang sendiri.  Biasanya untuk studi lanjut atau riset lanjut, di dalam dan di luar negeri.  Menuntut ilmu atau pengalaman di luar yang biasa dijalani selama ini.  Perjalanan menandai antusiasme dalam hal ini.  Antusiasme untuk belajar, yang memang khas akademisi. 

Pada akademisi juga mendorong mahasiswa utnuk bertukar tempat belajar, ada pertukaran pelajar dan mobilitas mahasiswa, ada program-program MBKM yang sangat berguna.  Dahulu ada SM3T, program sarjana mendidik ke seluruh ujung wilayah Indonesia yang terdepan, terluar, tertinggal.  Sekarang ada mahasiswa mengabdi, membangun, dan sejenisnya.  Program-program yang didukung pemerintah sangat membantu masyarakat di daerah untuk memandang ke depan dan ikut maju Bersama, dan sebaliknya memberikan “rasa” mengabdi pada generasi muda untuk generasi di depannya lagi. Luar biasa.

Tanpa perjalanan maka tidak ada rasa lain dalam hidup ini.  Semua perjalanan akan menghasilkan rasa baru, dan inspirasi baru, sekecil apapun itu.  Perjalanan untuk bersenang-senangpun akan memberi pengalaman baru.  Merubah semua aspek, baik aspek local yang dikunjungi maupun aspek internal yang mengunjungi.  Ada factor berbagi di sana, berbagi “insight” di luar berbagi rejeki.

Perjalanan dinas akademisi juga demikian.  Selain menjalankan roda riset dan pengabdian, pertukaran informasi akan berjalan dengan saling berkunjung dan bertukar program.  Semua akan memberikan “difusi” yang cukup memadai bagi siapapun.  Semua akan cenderung mengglobal dan batas wilayah di atas bumi menjadi semakin relative mengecil, wilayah berpikir relative melebar, ditambah lagi dengan aktivitas media sosial dan energi sosial yang mengikuti semuanya.

Selamat berjalan-jalan, dan salam hangat,

SW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *