Buku

Ada beberapa jenis publikasi yang sudah keluar dalam bentuk buku, paper hasil penelitian. Semua mempunyai cerita sendiri yang akan dituangkan sedikit demi sedikit di sini. Justru cerita di balik semua itu akan menjadi kenangan manis yang menandai proses menjadi akademisi sampai saat ini.

Beberapa buku yang telah terbit adalah:

  1. Dasar Sains Sadar Sains, Membangun Masyarakat Sadar Sains. Penerbit Andi, Yogjakarta
  2. Metode-metode Pemisahan Kimia. Penerbit Indeks. Jakarta.
  3. Kimia Analitik Modern, Metode dan Aplikasi. Penerbit Andi, Yogjakarta
  4. Modul Perkuliahan Aplikasi Kimia Analitik, Penerbit Wineka Media, Malang.
  5. Kimia Kopi, Monograf Disruptive Masyarakat Modern, Wineka Media. Malang.
  6. Kopi Dari Hulu ke Hilir (editor), LP3 UM, Malang.

Adapun buku teks mempunyai kerumitan yang tidak lepas dari banyaknya referensi. Buku teks berbeda dengan buku cerita atau tulisan di blog. Namun demikian proses menulis buku yang lama ini tetap dapat dinikmati, dan juga ketiga buku tersebut telah memenangkan hibah penulisan buku ajar dari Dirjen Dikti untuk buku Dasar Sains, Metode Pemisahan Kimia, serta Kimia Analitik Modern. Mungkin juga banyak pembaca yang heran, buku Dasar Sains selesai dalam waktu 10 tahun sejak dimulai, buku Pemisahan kimia sedikit lebih lama, 13 tahun dan buku Kimia Analitik Modern hanya 17 tahun saja dan saya melepasnya dalam keadaan kurang 1 bab metode lagi. Memang kehidupan akademis di Indonesia yang rumit ini memerlukan waktu dan passion ekstra untuk menyelesaikan sebuah buku.

Modul Aplikasi Kimia Analitik adalah bahan dasar dari perkuliahan Aplikasi Kimia Analitik. Buku ini diselesaikan di tengah maraknya program-program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang sudah harus berjalan di tahun 2021, dan sangat menganjurkan penggunaan pendekatan berdasarkan masalah (Problem Based Learning). Dengan demikian setiap bab dalam modul ini menyajikan gambaran umum penggunaan metode-metode kimia analitik dalam memecahkan permasalahan di wilayah sains aplikatif seperti pertanian, forensik, makanan, farmasi dan sebagainya. Setiap modul diakhiri dengan sebuah masalah yang harus dipilih mahasiswa dan diulas dari sudut pandang kimia apapun, kemudian dikomunikasikan dalam forum diskusi kelas.

Adapun hasil kegiatan penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk buku. Misalnya monograf Kopi adalah hasil dari penelitian bertopik Kimia Kopi yang menjadi topik andalan saya di KBK Kimia Analitik. Buku ini membahas komponen-komponen kimia yang ada dan bagaimana menganalisisnya. Ada juga beberapa aplikasi kopi di yang didasarkan pada komponen kimia khas kopi. Demikian juga dengan kecenderungan keterlibatan kopi dalam kehidupan semua orang, dibahas di sini. berbagai aspek dalam pembahasan kopi yang berawal dari kimia kopi akan ditulis juga menjadi buku-buku berikutnya.

Mahasiswa, generasi muda, juga seringkali merupakan calon-calon penulis yang baik. Menulis bersama mahasiswa akan memberi pengalaman yang menarik dan berguna untuk masa depan. menulis adalah kegiatan milik siapa saja, namun menulis ilmiah sampai menjadi buku, merupakan kerja panjang yang tidak terlupakan. Salah satu buku mengenai topik KOPI yang telah selesai ditulis bersama mahasiswa berjudul Kopi Dari Hulu ke Hilir. Buku ini merupakan hasil dari program Praktek Pengalaman Lapangan yang memungkinkan mahasiswa melihat proses pengolahan kopi dari perkebunan sampai menjadi kopi siap saji yang dapat dinikmati di cafe-cafe.

Ada beberapa chapter yang juga terbit dalam buku, misalnya dalam beberapa buku yang spesifik membahas tema tertentu, dalam hal ini berkaitan dengan bidang kimia. Sebuah book chapter di bidang spesifik sangat berharga, bahkan seperti sebuah artikel (paper) di jurnal ilmiah.

laman ini masih “under construction”

Salam hangat dulu,

SW