Topics and Publications

Ada banyak topik kita jalani dalam hidup ini. Dalam banyak topik itu ada beberapa yang sering kita ceritakan. Itu juga yang menjadi tujuan dari adanya blog dan media sosial lain. Diberikan dalam topik-topik untuk memudahkan analisis, refleksi, dan memikirkan ulang langkah ke depan.

Dalam hidup akademis di kampus Universitas Negeri Malang (UM), di Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), secara otomatis topik-topik kami ada di Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Kimia Analitik. Artinya topik-topik yang kita sukailah yang menjadi topik untuk meneliti, menulis, membuat kegiatan bersama mahasiswa, dan berbagi bersama. Dan tentu saja topik-topik menarik ini akan ditinjau dari sudut pandang ilmu kimia. Perluasannya akan menjadi tulisan dan ekspresi di tempat lain. Adapun topik-topik saya di wilayah ilmu Kimia Analitik terbagi menjadi beberapa bagian:

  1. Topik KOPI, yang bicara semua mengenai kopi, ditinjau dari aspek kimia
  2. Topik BIOMATERIAL yang menjadi bagian dari riset mengenai material dari sudut pandang kimia
  3. Topik BAWANG HITAM yang relatif baru dan menarik, mengarah pada keseimbangan kimia yang menyehatkan dari hasil alam (herbal)
  4. Topik Interaksi Tritropik di alam yang menjadi bagian dalam rantai kehidupan dan dipelajari secara khusus di bidang pertanian. Bantuan ilmu kimia sangat besar untuk mengungkap interaksi ini. Pada dasarnya memang kita bekerja dengan senyawa-senyawa volatil. Penelitian ini impresif (setidaknya bagi saya) dan terpilih menjadi salah satu topik dalamsebuhan majalah riset yaitu Asia Research News karena publikasi di jurnal Pertanika.
  5. Topik PENGEMBANGAN METODE yang merupakan “core” dari kimia analitik.
  6. Topik KOMUNIKASI SAINS yang sangat penting karena sebagian besar hasil usaha sains tidak sampai dengan baik kepada masyarakat. Ini juga termasuk HILIRISASI sains yang harus dikomunikasikan
  7. Topik BIOPHILIA yang merupakan usaha untuk mengembalikan kesatuan alam, dalam pendidikan kimia
  8. Topik-topik FILSAFAT SAINS yang merupakan refleksi dan “insight” dari ilmu kimia kepada filsafat secara umum namun dengan cara yang agak berbeda, cara saya yang unik.

Semua topik ini baik dan menarik, saya geluti dari hari ke hari dengan penuh semangat. Apapun yang tertulis di sini merupakan pemikiran yang netral, dan bertujuan baik. Semoga dapat memberi masukan yang positif bagi semua pembaca.

ps. Laman ini masih “under construction

Salam hangat dulu,

SW