Dasar Sains – Perkuliahan Kesatuan

DDS

Selama menjadi dosen di departemen kimia UM, salah satu matakuliah ampuan yang sangat saya sukai adalah Dasar-Dasar Sains (DDS), yang diberikan pada mahasiswa tingkat pertama. Mahasiswa baru melepas bangku pendidikan di sekolah menengah dan mulai serius memikirkan masa depan. Matakuliah ini seharusnya menjadi wadah ilmu-ilmu yang akan dipelajari secara spesifik, sebelum berpisah di jurusan kimia, fisika, biologi, dan matematika. Tujuan utama matakuliah ini adalah memberi pemahaman dan wawasan mengenai alam secara utuh, sebelum mempelajarinya dalam wilayah kajian ilmu masing-masing.

Dalam perkuliahan ini dibahas sifat-sifat sains yang utama, misalnya dalam hal objektivitas. sains sangat objektif dan membuat subjek dapat melepaskan diri dari objek yang diamatinya. Latihan yang harus dilewati, demi masa depan yang lebih ilmiah. Dasar sains mempelajari metode-metode mendapatkan pengetahuan, sebuah upaya pencarian tanpa henti akan apapun, yang akan merubah warna pengetahuan dan ilmu yang semakin sesuai dengan jamannya, dengan masalah-masalah jamannya.

Sains juga berguna untuk memprediksi fenomena-fenomena alami, sains sangat membantu semua mempelajari hidup. Lalu semua pengetahuan yang dipunyai dengan penuh kesadaran, akan memberi wawasan bijaksana bagi masyarakat. Dasar Sains – Sadar Sains: Membangun masyarakat sadar sains. Tentu sebuah masyarakat ilmiah dan adil akan terbentuk, dengan bantuan sains. Masyarakat sadar yang hidup di alam, dan menjadi bagian dari alam, pasti akan mencintai alam juga, dengan cara masing-masing.

SW.

Salam hangat selalu,

ps. Buku teks DDS sudah tersedia di toko-toko online, dan di platform google book (Dasar Sains – Sadar Sains – Google Books)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *