Metode Analisis Kimia

Dari KBK Kimia Analitik, sajian matakuliah Metode Kimia Analisis dipandang perlu untuk strata magister pendidikan kimia. Metode yang harus kita kembangkan (method development) akan mewakili jati diri kimia analitik dalam dalam memecahkan permasalahan sains yang dihadapi dari sudut pandang ilmu kimia. Lebih penting lagi bahwa sebagai pendidik dan guru kimia, ketrampilan mengembangkan metode sangat penting untuk diberikan dan dihayati.

Ilmu kimia dalam kurikulum sekolah menengah atau di perguruan tinggi memang sebaiknya bukan merupakan teori rigid mengenai gejala alam di skala kimia yang banyak tidak berhubungan dengan hidup sehari-hari, melainkan akan lebih menarik jika selalu kontekstual. Kesan masyarakat terhadap ilmu kimia akan menjadi baik jika ternyata kimialah yang berhasil memecahkan masalah yang ada. Bukan memberikan masalah seperti gambaran ilmu kimia pada umumya.

Jika ada indikator ditemukan, hal ini sudah menunjukkan sebagian masalah sudah dapat teratasi. Indikator digunakan untuk mengembangkan metode, menguji, menganalisis dan melaporkan. Metode apapun yang telah dipelajari dalam kurikulum kimia S1 dapat ditarik benang merahnya dalam pengembangan metode untuk memecahkan masalah umum dalam skala kimia.

Matakuliah ini juga disajikan di program magister sekaligus menelaah kembali semua metode yang ada di kurikulum kimia s1, dan menggunakannya dalam situasi dan kondisi nyata. Sebagai calon pendidik dan dosen, pengembangan metode akan selalu dibutuhkan dan berkembang mengikuti perkembangan ilmu dan instrumentasi terkait. Ditambah dengan digitalisasi di semua bidang, pengembangan metode juga dipengaruhi oleh tersedianya data dan database. Banyak hal baru dapat dilakukan dengan bantuan konektivitas tinggi dan adanya database.

Salam hangat selalu,

SW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *