Pemisahan Kimia – Matakuliah yang aneh

Buku Pemisahan Kimia

Salah satu matakuliah wajib KBK analitik adalah Pemisahan Kimia. Pemisahan Kimia sering saya sebut sebagai matakuliah yang aneh dan lucu. Mengapa? Karena dalam ilmu kimia yang kita bicarakan adalah ikatan antar atom membentuk molekul, menyatukan atom-atom, mempelajarinya. Dalam pemisahan kimia kita malah ingin memisahkan molekul-molekul yang sudah bersatu.

Mengapa Pemisahan Kimia diperlukan? Tentu bukan untuk melawan kehendak alam, namun pemisahan diperlukan untuk memperjelas masalah. Kimiawan biasa berpikir mengenai atom, molekul, terbentuknya ikatan, dan seterusnya, seringkali tidak memikirkan senyawa yang sama yang berada dalam bentuk campurannya. Tingkah laku zat tunggal dan zat tunggal dalam campuran, tentu tidak sama karena dalam campuran selalu ada peran masing-masing. Namun untuk membongkar peran itu, kita melakukan pemisahan dahulu.

Tidak mudah melakukan pemisahan sampai ke skala molekuler. Kita mengandalkan sifat kimia dan sifat masing-masing komponen, misalnya kecenderungan untuk menguap (titik didih), kecenderungan untuk mengendap (kelarutan) dapat kita gunakan untuk melakukan pemisahan. Metode-metode dari konvensional sampai modern akan melakukan langkah ini dengan baik, dan segudang landasan teoretisnya ikut menyertai penjelasannya. Akhirnya kita dapat mengetahui komponen-komponen dalam campuran kita dan memperkirakan sifat-sifatnya.

Adapun langkah-langkah pemisahan belum tentu mudah dan sederhana. Seringkali juga mahal karena membutuhkan bahan-bahan yang mahal (pelarut misalnya) dan juga instrumentasi yang baik dan modern (kromatografi modern misalnya). Karena itu seringkali pemisahan tidak lagi dilakukan untuk kepentingan analisis, karena analisis dapat juga (dewasa ini) dilakukan tanpa pemisahan. Itulah sebabnya dalam dunia kimia analitik berkembang pula trend analisis statistik yang menarik. Ada yang bernama chemometry, ada metabolomic studies, proteomic, dan sebagainya. Model-model analisis semacam ini juga menjadi trend menarik dewasa ini, mengandaikan ada metode handal yang memberikan datanya dan menjadi bahan analisis.

Pemisahan kimia memang menarik dan lucu. Menantang dan merubah terus. Pengembangan metode yang merupakan inti atau core dalam kimia analitik juga melanda dunia pemisahan kimia. Jangan lupa, ada yang disebut dengan konstanta kesetimbangan, yang merupakan batasan dari proses pemisahan. Tidak mungkin kita melakukan pemisahan secara mutlak. Nah, selamat merenungkan matakuliah ini.

Salam hangat selalu,

SW.