Spektroskopi dan Mikroskopi

Spektroskopi adalah metode handal dalam kimia analitik, yang menggunakan cahaya sebagai sinyal analitiknya. Bahan kita (kimia: molekul, atom, makromolekul) dikenai energi cahaya dan energi tersebut akan diserap, diemisikan, dipantulkan, dihamburkan, didifraksikan, dan sebagainya oleh molekul yang kita teliti dan cara molekul memberikan reaksi adalah khas. Itulah sebabnya spektroskopi adalah alat analitik yang handal dalam ilmu kimia.

Mikroskopi di lain pihak adalah cara untuk “melihat” dan benar-benar melihat sampel kimia kita dan hal ini perlu perbesaran luar biasa, bukan sekedar perbesaran karena lensa dalam mikroskop biasa. Mikroskopi di sini adalah cara melihat tekstur permukaan secara tidak langsung dari electron sekunder yang dipancarkan sampel pada saat dikenai cahaya besar, di wilayah sinar X energinya. Elektron sekunder inilah yang menampilkan image tekstur permukaan, bisa sampai perbesaran sejuta kali. Kimia material sangat membutuhkan teknik ini.

Spektroskopi dan mikroskopi adalah metode-metode yang akan ditelaah kembali dalam matakuliah spektroskopi dan mikroskopi secara prinsip. Matakuliah ini diberikan di jenjang S2 kimia murni, untuk mendasari pemilihan metode yang digunakan dalam penelitian thesisnya. Adapun kedua metode ini juga sangat berkembang pesat di jaman digital. Adapun keduanya sangat bervariasi saat ini dan semakin spesifik dibangun untuk memecahkan permasalahan kimia yang semakin rumit. Core kimia analitik berada pada pengembangan metode.

Salam hangat selalu,

SW