Problem Based Learning

Para mahasiswa semester ini mungkin ada yang bertanya-tanya: mengapa dalam perkuliahan sehari-hari, yang setengah daring karena pandemi belum usai ini, para dosen banyak memberikan tugas-tugas yang berkaitan dengan masalah.  Mahasiswa harus memecahkan masalah dan mengaitkannya dengan materi perkuliahan. Bahkan perkuliahan kimia analitik juga mengambil banyak masalah dalam hidup yang harus dipecahkan dari kacamata ilmu kimia.

Pembalajaran berbasis masalah memang menjadi model yang baik dalam perkuliahan di perguruan tinggi.  Dalam dunia kerja nantinya, yang dihadapi alumni adalah masalah-masalah riil.  Jika di dalam kampus yang dipelajari adalah teori-teori, maka saat ini dengan model belajar berbasis masalah ini teori-teori tersebut diaplikasikan dengan cermat.  Pengalaman menarik yang teori kepada situasi konkrit inilah yang ingin diberikan kepada mahasiswa. Cara ini terbukti praktis dan sangat membantu lulusan untuk tanggap dan cakap dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada di lampangan nantinya.

Adapun buku teks tetap berguna untuk dipelajari karena ciri khas keilmuwan berasal dari sana.  Karakter setiap ilmu dalam hal ini tidak berubah, namun dalam aplikasinya di persoalan-persoalan nyata akan selalu disesuaikan.  Problem based learning adalah cara yang baik untuk belajar di jaman ini.

Salam hangat selalu,

SW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *